Sejarah

Keberadaan lembaga mahasiswa menjadi sangat penting apabila kita menyadari peran dan fungsi lembaga tersebut terkontribusi dalam mengimplementasikan ilmu yang di peroleh di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas. Lembaga kemahasiswaan sebagai miniatur lembaga-lembaga kampus maupun masyarakat juga merupakan suatu wadah untuk melanjutkan cita-cita kemahasiswaan yaitu menjadikan seluruh kegiatan lembaga kemahasiswaan sebagai proses pengkaderan yang diharapkan akan menghasilkan manusia yang intelek, humanis, sosialis dan dinamis.
Beranjak dari pemikiran tersebut, Senat Mahasiswa (SEMA) FITK UIN Maulana Malik Ibrahim MALANG sebagai salah satu lembaga Legislatif mahasiswa yang ada di  naungan Republik Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim MALANG, memandang perlu adanya pengembangan dalam diri lembaga demi pencapaian maksud dan tujuan sesuai AD, ART dan GBHO yang telah ditetapkan oleh Republik mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim MALANG.

Maka pada bulan Desember 2015, terbentuklah Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam yang di singkat HMJ MPI yang berorientasi pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam  yang ada di Lingkungan FITK - UIN MALANG. Yang mana HMJ - MPI merupakan lembaga resmi di bawah naungan Republik Mahasiswa.  Dan tahun ini merupakan tahun kedua Berdirinya HMJ MPI. Dimana periode pertama di nahkodai oleh sahabat Rhesa Ardiansyah dan untuk periode tahun ini 2017 di nahkodai oleh sahabati Risma Khafidhoh.