SEKOLAH KTI 2021

“Optimalisasi Pemahaman Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah : Stop Plagiasi”

 

            Karya tulis ilmiah merupakan suatu karya yang memaparkan pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Karya tulis ilmiah biasanya diperkenalkan saat duduk di bangku kuliah dan menjadi hal penting sebagai salah satu syarat kelulusan yang harus ditempuh. Berbicara mengenai karya tulis ilmiah, kata plagiasi tidak asing hubungannya dalam sebuah karya tulis ilmiah. Meskipun duduk di bangku kuliah, seringkali mahasiswa masih menggunakan metode “copas” yang berarti copy paste, dimana hal ini dilakukan ketika seseorang mencari sebuah teori atau materi kemudian langsung dicopy dan ditempel dalam penugasannya. Kejadian tersebut sangat dilarang, sesuai dengan pasal 25 UU No. 20 Tahun 2003 yang berisi bahwa tindakan plagiarisme tidak mendukung fungsi pendidikan nasional karena potensi, kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa tidak akan terbentuk, terutama bagi pelaku yang tidak memikirkan tindakan dan akibatnya bagi masyarakat. Oleh karena itu Himpunan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengusung tema “Optimalisasi Pemahaman Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah : Stop Plagisi” sebagai kegiatan sekolah KTI guna memberikan pengetahuan dan wawasan bagi peserta tentang kepenulisan Karya Tulis Ilmiah serta bagaimana mengimplementasikan kepenulisan yang baik dan benar.

            Kegiatan Sekolah KTI dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada Sabtu, 18 September 2021 hingga Minggu, 19 September 2021. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 10.15 WIB melalui Platform zoom meeting dan streaming youtube yang diikuti kurang lebih 114 peserta. Sebelum memasuki materi webinar terdapat pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan beberapa sambutan yang di sampaikan oleh ketua teamwork dari sekolah KTI dan ketua HMJ-MPI. Rangkaian acara dalam kegiatan sekolah KTI ini disampaikan oleh 3 materi hebat. Pada hari pertama materi disampaikan oleh ibu Devi Pramitha, M. Pd. I yang membahas tema tentang Finding a Gap: mencari, memilih dan menulis topik penelitian dengan potensi Novelty. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua yang membahas tema bagaimana langkah-langkah dalam penulisan karya tulis ilmiah (KTI) disampaikan oleh kak M. Kholilur Rohman, S. Pd. Pada hari kedua kegiatan ini hanya di isi oleh satu pemateri saja yakni ibu Fantika Febry Puspitasari, M. Pd yang akan menyampaikan materi tentang How to Write a good research paper, dimana materi tersebut membahas mengenai gambaran singkat mengenai karya tulis ilmiah, berbagai kriteria jurnal terindeks, jurnal terakreditasi, hak-hal yang harus dihindari dalam penulisan karya tulis ilmiah (plagiarism) dan jurnal predator.

            Rangkaian kegiatan diatas juga diramaikan dengan ice breaking dari panitia dengan memberikan jargon untuk mencairkan suasana dan membangun semangat peserta dalam mendengarkan penyampaian materi tersebut. Kegiatan berlangsung dengan lancar hingga akhir, dikarenakan antusias peserta yang komunikatif dalam bertanya. Kegiatan sekolah KTI ditutup dengan pengumuman mahasiswa teraktif saat kegiatan berlangsung. Selain itu, sekolah KTI  tidak berhenti dalam acara ini saja, melainkan juga akan melakukan follow up setiap bulan nya sebagai bentuk implementasi dari materi yang disampaikan sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik


1 Komentar untuk " "

  1. Apple has historically had a extra lax perspective towards of|in path of} online betting and playing apps on its platform. This is why you can find and download online sportsbook apps just by trying to find them on the App Store. Once you download and set up the app, 온라인카지노 find a way to|you possibly can} merely log in with your credentials, or open a new new} account and begin utilizing it. PointsBet also has its personal risk-management staff and software developers, so usually the pricing and odds are different than a number of|numerous|a variety of} U.S. sportsbooks.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel