HAPPY INTERNATIONAL TEACHER DAY

 

HAPPY INTERNATIONAL TEACHER DAY

Guru adalah ujung tombak Pendidikan Bangsa

Hargai gurumu, Jayalah generasi Bangsamu



Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan juga sangat penting bagi setiap individu dalam mengembangkan potensi dalam diri. Pentingnya pendidikan bagi setiap individu tidak hanya memberikan informasi dan memperdalam ilmu pengetahuan saja. Namun, pendidikan juga dapat membangun karakter pada diri manusia, karena mengajarkan norma keagamaan termasuk dalam kesopanan, kesantunan serta kebaikan. Hal tersebut tidak luput dari pentingnya peranan guru yang selalu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih serta mengevaluasi peserta didik agar menjadi manusia yang berkualitas di masa depan.

Peran guru yang sangat penting dalam dunia pendidikan menjadikan adanya peringatan Hari Guru Sedunia atau dikenal dengan “International Teacher Day”. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak 27 tahun lalu, tepatnya pada 5 Oktober 1994. Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi yang berintelektual. Hari Guru Sedunia diselenggarakan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), bekerja sama dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), UNICEF, dan Education International (EI).

Latar belakang dari terjadinya Hari Guru Sedunia yaitu sebagai peringatan saat penandatanganan rekomendasi tentang status guru oleh ILO dan UNESCO pada 1966. Kemudian, pada 1997, peringatan Hari Guru Sedunia bertepatan dengan penandatanganan rekomendasi tentang status personel pengajar pendidikan tinggi. Rekomendasi tersebut juga memberikan tolak ukur mengenai pendidikan lanjutan, rekrutmen, pekerjaan dan kondisi kerja guru. Kedua rekomendasi itu pun menjadi instrumen untuk menetapkan tolak ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, serta standar persiapan guru.

Di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini, sektor pendidikan sangat terdampak dalam proses belajar mengajar. Hal ini terjadi karena sebelumnya proses pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka kini harus dibatasi bahkan ditiadakan. Dengan berjalannya perbaikan situasi pandemi Covid-19, para guru di seluruh dunia akan menghadapi tantangan untuk melakukan pemulihan sistem pendidikan pasca-pandemi.

Melansir laman resmi UNESCO, peringatan Hari Guru Sedunia 2021 mengusung tema “Guru di Jantung Pemulihan Pendidikan”. Dengan tema ini diharapkan akan ada dukungan bagi para guru untuk berkontribusi penuh pada proses pemulihan pendidikan. Oleh karena itu, mengapa diadakan Hari Guru Sedunia setiap tahun pada tanggal 5 Oktober untuk menghormati dan memberi penghargaan pada profesi guru di seluruh dunia yang telah berperan penting dalam kemajuan pendidikan di setiap bangsa yang ada di seluruh dunia.

Belum ada Komentar untuk "HAPPY INTERNATIONAL TEACHER DAY"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel