KAJIAN KITAB 2021 “Membentuk Pribadi yang Berkarakter Mulia di Tengah-Tengah Mundurnya Moral Bangsa”

 



KAJIAN KITAB 2021

“Membentuk Pribadi yang Berkarakter Mulia di Tengah-Tengah Mundurnya Moral Bangsa”

Pada zaman sekarang tingkah laku atau adab sangat penting dalam kehidupan, dimana dalam mengerjakan sesuatu terdapat adab yang harus diperhatikan. Hal ini juga tidak terlepas dari karakter yang kurang terbentuk ditengah-tengah mundurnya moral bangsa. Melihat masih banyak manusia yang sering tidak memperhatikan adab dalam mengerjakan sesuatu tak terkecuali adab kepada sang pencipta (Habluminallah) dan adab kepada sesama manusia (Habluminannas). Faktor tersebut merupakan salah satu diperlukannya kajian kitab untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang adab, guna menggali kekayaan ilmu pengetahuan tentang tata cara bertingkah laku. Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam menyelenggarakan kajian kitab Bidayatul Hidayah pada Sabtu, 18 September 2021 dan Minggu, 19 September 2021, kajian kitab ini dilaksanakan selama 2 hari, serta dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.40 WIB.


Kajian kitab dibuka oleh MC yaitu saudari Sasmita kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an yang dibacakan oleh saudara Arif Nur Wahyudi. Setelah pembacaan ayat suci al-Qur’an dilanjutkan oleh sambutan-sambutan yang disampaikan oleh koordinator devisi keagamaan dan ketua HMJ-MPI. Sebelum memasuki materi kajian kitab, dilakukan pembacaan do’a terlebih dahulu yang di sampaikan oleh Muhammad Rifa’ur Rohman yang diharapkan agar acara berjalan dengan lancar. Setelah itu dilanjutkan oleh pemateri hebat Bapak Much Maftuhul Fahmi, SM, S.Pd. Beliau menempuh akademi pendidikan tahfidz al-Qur’an selama 3 tahun dibawah tiga kyai bersanand Nasional dan Internasional. Pada hari pertama beliau menyampaikan tentang adab kepada sang pencipta dan pada hari kedua beliau menyampaikan materi tentang adab bergaul sesama manusia.

Banyak hal-hal positif dalam kajian kitab Bidayatul Hidayah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari tentang bagaimana cara beradab atau bertingkah laku dengan baik dan benar sesuai dengan kitab yang dikajikan. Dalam pemaparan materi tersebut diharapkan agar setiap manusia menjadi pribadi yang berakhlakul karimah dan memiliki karakter yang mulia baik dalam hubungannya terhadap Allah SWT maupun terhadap sesama manusia.

Belum ada Komentar untuk "KAJIAN KITAB 2021 “Membentuk Pribadi yang Berkarakter Mulia di Tengah-Tengah Mundurnya Moral Bangsa”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel