Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19

 Johan Al Farid 19170054 

 

Jurusan Manajeman Pendidikan Islam 

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 

Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 

 

Abstrak 

Artikel ini bertujuan mengetahui kendala-kendala apa saja yang dialami oleh orang tua selama mendampingi anak belajar dirumah pada masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum kendala-kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah pada masa pandemi Covid-19 adalah kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet. Penelitian ini diharapkan mampu menggali kendala- kendala orang tua dalam mendampingi anak ketika belajar dirumah sehingga penelitian ini mampu berkontribusi terhadap penelitian selanjutnya dalam menggali solusi untuk masalah- masalah tersebut. 

Kata Kunci : Kendala orang tua; anak; belajar dirumah masa pandemi; 

 

Tidak lama ini dunia sedang diguncang dengan adanya virus corona atau yang  sekarang disebut dengan Covid- 19 (Corona Virus Desease). Disebutkan bahwa virus ini  pertama kali berasal dari kota Wuhan, China sejak Desember 2019 (Lee, 2020). Data terkini  menunjukkan bahwa jumlah pasien positif pada 216 negara diseluruh dunia hingga bulan  Agustus 2020 telah mencapai lebih dari 18 juta pasien dengan penambahan 171.815 orang  telah dinyatakan positf dalam 24 jam. Negara Indonesia pun tak luput dari paparan Covid- 19. Bahkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah akumulasi paparan Covid-19 tertinggi  di Asia Tenggara, yaitu mencapai 113.134 sampai dengan bulan Agustus 2020 (pikiran-rakyat.com)  

Peristiwa Covid-19 yang terjadi hampir diseluruh belahan dunia ini menunjukkan  bahwa semakin pentingnya peran orang tua dalam membimbing anak belajar dirumah  menggantikan tugas guru disekolah. Hal ini tentu saja menimbulkan masalah atau kendala baru yang dialami orang tua, seperti kurangnya pemahaman materi oleh orang tua,  kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi  anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet, oleh karena itu perubahan membutuhkan waktu untuk bisa berjalan optimal. 

Secara spesifik, kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah di masa pandemi Covid-19 akan dijabarkan dibawah ini. 

1. Kurangnya Pemahaman Materi Oleh Orang Tua  

Orang tua membantu anak belajar dirumah berdasarkan kegiatan yang ada disekolah, seperti membacakan buku cerita yang mendidik dan membantu anak mengerjakan tugas-tugas dari sekolah (Diadha, 2020). Pembelajaran tidak bisa maksimal jika orang tua belum sepenuhnya memahami materi yang diberikan oleh guru untuk diajarkan kepada anak, seperti yang diungkapkan oleh penelitian sebelumnya bahwa bahwa orang tua harus benar benar menguasai materi pembelajaran yang diberikan  oleh guru agar terlaksananya pendidikan dirumah menjadi sukses (Irma et al., 2019) 

2. Kesulitan Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak 

Dalam proses pembelajaran di rumah, pastilah anak mengalami kecemasan, stress, sedih, bosan, jenuh, dan perasaan lainnya sehingga menurunkan minat belajar anak. Bagi anak seperti ini disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak memiliki self-regulating sehingga mampu mengajarkan dirinya dalam upaya memberikan penguatan secara internal. Bila anak telah memulai membangun penguatan di dalam dirinya sesuai dengan tugas-tugas pembelajaran yang dijalaninya hal ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi diri anak. (Subarto, 2020). 

3. Kesulitan Dalam Mengoperasikan Gadget 

Mengingat bahwa didalam pembelajaran daring, tidak semua orang tua mampu  megoperasikan gadget, penting untuk diperhatikan bahwa komunikasi antara orang tua dan guru sangat dibutuhkan dalam hal ini (Herliandry et al., 2020) guru bisa meminimalkan tingkat kesulitan penggunaan gadget terhadap orang tua yang memiliki keluhan terhadap pengoperasian gadget. Guru bisa memberikan pekerjaan siswa melalui pesan singkat kepada orang tua dan membantu anak untuk menyelesaikannya. 

Kendala-kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam mendampingi anak belajar  dirumah dimasa pandemi Covid-19 seperti yang telah dijabarkan, yaitu kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet sangat diharapkan kedepannya hal ini tidak lagi menjadi kendala dalam pembelajaran dirumah untuk anak supaya anak mampu mendapatkan layanan pembelajaran yang optimal, karena layanan yang baik dan optimal untuk anak dalam belajar adalah kunci utama dalam suksesnya tujuan pembelajaran (Palusci & Fischer, 2010). 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Secara umum kendala- kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah di masa pandemi Covid-19 yaitu kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet.  

 

Daftar Pustaka https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/705/pdf   


Belum ada Komentar untuk "Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel