TRANSFORMASI PENGGUNAAN ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
NAMA : INA MACHLA ASAFILA
NIM : 19170065
KELAS : MPI A
Abstrak
Pandemi covid-19 berdamapak besar pada berbagai sektor, salah satunya di dunia Pendidikan. Dunia Pendidikan ikut merasakan dampaknya. Kegiatan belajar mengajar dituntut harus tetap berjalan, maka solusinya pendidik harus pandai dalam mendesain media pembelajaran sebagai inovasi media pembelajaran menjadikan penggunaan ICT sebagai media pembelajaran yang mengalami transformasi yang cukup drastis. Semua Lembaga Pendidikan mengandalkan ICT sebagai media pembelajaran. Sebelum adanya wabah virus corona penggunaan ict belum dimanfaatkan dengan maksimal dalam dunia Pendidikan namun sekarang mengalami banyak perubahan karena dengan adanya pembelajaran online pengunaan ICT menjadi hal yang penting dan penentu berlangsungnya proses belajar mengajar. Karena ICT bisa dikatakan sudah menjadi kutikulum utama maka pihak pemerintah atau pihak Lembaga terus melakukan inovasi terkait media ICT sebagai media pembelajaran serta siswa dapat melek terhadapa teknologi, peserta didik menjadi bertambah luas wawasannya mengenai penggunaan ICT. Dengan adanya pembelajaran online di masa pandemi merupakan suatu wadah untuk kemajuan dan perkembangan ICT khususnya dalam dunia Pendidikan yang harus terus dikembangkan dan di inovasikan agar ICT dapat menunjang kualitas pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Transformasi ICT, Covid-19
A. PENDAHULUAN
Saat ini Indonesia tengah di landa wabah virus corona yang bahkan bukan hanya terjadi di Indonesia namun seluruh belahan dunia. Dengan adanya wabah covid 19 menimbulkan dampak diberbagai sektor terutama pada sektor Pendidikan. Dimana saat kemendikbud memberlakukan kebijakan bahwa proses belajar mengajar dilaksanakan dengan sistem online saat itulah pendidikan mengalami perubahan yang sangat luar biasa. Seluruh jenjang Pendidikan harus mengalami perubahan atau bertransformasi dengan drastis untuk beradpatasi pada sistem dan media pembelajaran yang baru yaitu secara online atau biasa disebut dengan daring.
B. PEMBAHASAN
Sekolah harus memastikan bahwa proses pembelajaran harus tetap berjalan meskipun peserta didik berada dirumah. Maka dari itu sekolah harus dapat berinovasi dan merancang media pembelajaran dengan memanfaatkan media daring. Adanya tuntutan perubahan yang drastis ini maka sekolah-sekolah masih belum ada kesiapan yang matang untuk memberikan perubahan dari segi media pembelajaran. Bukan hal yang mudah untuk dapat menciptakan suatu media pembelajaran yang baik standar maupun kualitas capaia yang di harapkan.
Media pembelajaran daring ini sangat memanfaatkan teknologi, yang dahulunya Pendidikan hanya mengandalkan teknologi yang ada itupun saat ada pelajaran yang berhubungan dengan pengeoperasian teknologi seperti pelajaran TIK yang biasanya hanya berlangsung Selama 2 jam itupun hanya mengenalkan dasar dasar pengoperasian dari pada teknologi. Dan dimasa ini pemanfaatan teknologi bukan hanya sekedar digunakan dalam mata pembelajaran namun sudah menjadi kebiasaan dan keharusan untuk dilakukan karena sekarang ini semua media pembelajaran tergantung oleh teknologi.
Dalam masa ini Pendidikan bertumpu pada teknologi maka pemerintah dan sekolah terus berinovasi membuat dan merancang media pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa dan guru yang diharapkan adanya media tersebut akan membantu proses belajar yang efektif dan efisien. Pembelajaran melalui perangkat personal computer yang dihubungkan dengan koneksi internet, dalam tahapan pertama atau tahapan yang mudah biasanya pembelajaran melalui group wattshap, telegram atau dengan zoom jadi semua siswa dapat mengikuti pembelajaraan secara bersamaan walaupun tempatnya berbeda. Bisanya yang menggunakan aplikasi Wa group ini adalah siswa di jenjang sekolah dasar karena mereka belum terlalu mengerti penggunan teknologi. Pemerintah dari kementrian Pendidikan dan Kemendikbud sudah menyiapkan sejumlah dukungan untuk memperlancar proses belajar mengajar siswa. Kemendikbud telah menggembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis android Rumah Belaja. Portal belajar dapat diakses dibelajar.kemendikbud.go.id, beberapa fitur unggulan dapat diakses oleh peserta didik dan guru diantaranya sumber belajar, kelas digital, labolatorium, maya dan bank soal. Saat ini kemendikbud juga menggandeng tujuh platfrom belajar online yaitu kelas pintar, sekolahmu, zenius, quipper, google Indonesia dan Microsoft serta setiap platfrom dapat diakses dengan gratis.
Dengan adanya inovasi, gagasan baru dan pengembangan media pembelajaran dapat menambah wawasan dalam penggunaan teknologi yang biasanya dulu dalam pembelajaran hanya bisa mengoperasikan laptop atau computer sekerang setiap peserta didik mampu mengenal dan mengoperasikan aplikasi sebagai media pembelajaran. Peserta didik menjadi melek terhadap pengetahuan teknologi mereka dapat lebuh luas mempelajari penggunaan teknologi. Dengan adanya inovasi terus menerus dalam pengemembangan teknologi maka teknologi dalam dunia Pendidikan akan mengalami perubahan yang pesat dengan pengetahuan dari peserta didik yang tambah luas bahkan mampu berinovasi mengeluarkan gagasan baru mengenai penciptaan model media pembelajaran. Bahkan bukan hanya dari siswanya saja namun guru juga lebih melek terhadap implikasi ICT karena pada masa pandemic di dalam Pendidikan guru dituntut untuk terus berinovasi dalam pencipataan proses pembelajaran online, maka itu guru mau tidak ma uterus belajar dan pengembangkan pengetahuan ICTnya untuk dapat terus memberikan pembelajaran yang berkualitas dengan pemanfaatan teknologi
Di masa pandemi ini ICT sudah mendominasi bahkan bisa dikatakan menjadi kurikulum utama dalam sekolah dimana teknologi informasi adalah kunci untuk model sekolah masa depan yang lebih baik. Upaya anak bangsa pun terus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam hal implementasi proses Pendidikan dengan menggunakan ICT. Sebagai contoh indosat, Telkom yang menyatakan kesiapannya untuk membantu menggembangkan ICT untuk Pendidikan di Indonesia. Telkom menyatakan akan terus meningkatkan serta menggembangkan kualitas infrastruktur jaringan telekomunikasi yang diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan dan penerapan ICT untuk Pendidikan dan implementasinya di dalam proses pembelajaran. Bahkan sekarang Telkom sudah mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan ISDN (Integrated Service Digital Network) berupa aplikasi sebagai upaya memfasilitasi pembelajaran jarak jauh.
Namun upaya pengembangan ICT ini belum merata diseluruh Indonesia masih banyak daerah-daerah terpencil yang mengalami kesulitan dalam hal teknologi selain keterbatasan sarana prasarana juga sulit untuk mendapatkan signal atau jaringan yang kuat dan bagus, namun dengan adanya pandemic covid 19 yang mengharuskan pembelajaran online maka mau tidak mau pihak sekolah tersebut harus berinovasi untuk mengembangkan teknologi. Walaupun belum mampu mencoba implikasi ICT dalam proses pembelajarannya tidak semaksimal pada wilayah kota lainnya seperti misal di wilayah kota sudah mulai dengan zoom, e-elarning, google meet atau lainnya sedangkan pada wilayah desa hanya dengan via wa namun setidaknya sudah ada perkembangan dalam pemanfaatan ICT yang bahkan mungkin dulu sama sekali tidak mengenal ICT namun sekarang sedikit demi sedikit sudah memperkenalkan bahkan mengimplementasikan nya dalam proses pembelajaran.
C. KESIMPULAN
Tidak bisa dipungkiri dengan adanya wabah covid 19 ini dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat besar. Perubahan besar ini berdampak positif dalam bidang ICT dimana situasi ini merupakan peluang besar untuk ICT dalam melakukan inovasi dan perkembangan teknologi untuk mengejar ketertinggalan terhadap perkembangan teknologi dunia. ICT juga mengalami transformasi yang cukup cepat sebagai media pmbelajaran, dimana yang dahulu teknologi dalam dunia Pendidikan hanya stuck pada pengoperasiannya dalam bentuk pembelajaran namun sekarang sudah menjadi kebutuhan utama dalam pembelajaran. Didukung dengan banyaknya inovasi yang terus dilakukan pemerintah dengan anak bangsa sebagai upaya pengembangan ICT untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran. ICT dalam Pendidikan menjadi lebih luas karena banyak inovasi baru yang sangat mengikuti model modern pada zaman ini. Dengan adanya pandemi covid 19 yang membawa dampak positif ICT dalam dunia Pendidikan terutama sebagai media pembelajaran ini diharapkan akan terus berlanjut pengembangannya bukan hanya dalam kondisi darurat ini saja, namun pada masa selanjutnya yang sebagai wadah pelanjutan untuk terus berinovasi serta mengembangkan ICT di Indonesia yang lebih baik lagi.
D. DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Miarso, Y, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 2004.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-sistem-belajar-daring (di akses pada tanggal 4 November 2020, pukul 21.10)
https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19 (diakses pada tangga: 21 oktober 2020, pukul 22.40)
Belum ada Komentar untuk "TRANSFORMASI PENGGUNAAN ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19"
Posting Komentar