PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA
PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA
Noor Ilma Fadhila
noorilma.fadhila@gmail.com
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang - Jawa Timur
ABSTRAK
Pandemi
Covid-19 yang melanda Indonesia sejak pertengahan Maret lalu menjadikan proses
pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka diharuskan untuk diubah
melalui pembelajaran jarak jauh. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi para
penggiat aplikasi pembelajaran online, salah satunya pada aplikasi google classroom.
Google classroom sendiri merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat
diakses dengan gratis melalui smarthphone atau laptop. Penelitian ini
menggunakan data kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini memberikan model
pembelajaran pendidikan yang berbasis internet atau online untuk meningkatkan
keterampilan kolaboratif yang didalamnya memuat kempampuan untuk tanggung
jawab, jujur, dan disiplin. Dengan penelitian ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan
pemanfaatan penggunaan google classroom sebagai proses peningkatan
produktivitas mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Melalui penggunaan Google
Classroom dalam proses pembelajaran online dianggap efektif dan efesien karena
dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19,
Google Classroom, Mahasiswa
PENDAHULUAN
Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi global oleh
WHO (World Health Organization) pada
11 Maret 2020, menjadikan segala aktifitas yang bersifat mengumpulkan banyak
orang dilarang. Keputusan tersebut tentunya diambil tidak sembarangan,
mengingat wabah Covid-19 yang semakin menyebar secara luas maka penyebarannya
harus segera diberhentikan dengan cara membatasi segala aktifitas yang bersifat
mengumpulkan banyak orang. Hal tersebut tentunya mengharuskan setiap orang
harus beradaptasi dengan sebuah kondisi baru, yang dimana segala aktifitas
serba dilakukan dari jarak jauh atau lebih tepatnya secara online.
Pandemi
Covid-19 tentunya sangat berpengaruh kepada segala aktifitas kehidupan
sehari-hari. Salah satunya pada sistem pendidikan, segala tingkatan terkena
dampaknya, baik dari tingkatan dasar sampai pada perguruan tinggi. UIN Maulana
Malik Ibrahim Malang menjadi salah satu perguruan tinggi yang terdampak
Covid-19, maka dari itu universitas satu ini memutuskan untuk merumahkan segala
aktifitas mahasiswa, dosen, dan staf yang ada dikampus sejak ditetapkanya
Covid-19 sebagai pandemi. Penanganannya yaitu dengan dilakukan pembelajaran
melalui online. Banyak platform dan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan
kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah google classroom. Bagi sebagian
orang google classroom dianggap sebagai salah satu media belajar yang baru.
Hasil penelitian (Sabran
& Sabara, 2014:122) menyebutkan bahwa
menggunakan media baru merupakan pemanfaatan
yang adaptif karena mampu
mengirimkan serangkaian solusi
dalam metode belajar mengajar.
Penggunaan teknologi informasi dalam
proses pembelajaran memberi kesempatan dan peluang bagi pendidik untuk dapat
meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya peserta didik terutama kompetensi
professional (Anderson, 2005 dan Moore, 2011). Penggunaaan google classroom
sendiri dalam pembelajaran diharapkan juga mampu mengoptimalkan perananan
pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan. Aplikasi google
classroom sendiri di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi salah satu
aplikasi pendamping selain platform E-learning kampus yang digunakan dalam
proses pembelajaran. Google classroom
merupakan aplikasi pembelajaran yang disediakan oleh google yang penggunaannya
dihubungkan melalui email, sehingga dalam proses penggunannya sangat mudah
untuk diakses.
Google
classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas secara
online. Diharapkan dengan media pembelajaran ini dapat mengaktifkan mahasiswa
pada proses pembelajaran, hal ini disebabkan media google classroom ini
memiliki fitur untuk dapat menampilkan teks, gambar, dan video pada saat proses
pembelajaran berlangsung. Media ini juga dapat menampung dan mengatur waktu
pengumpulan tugas oleh pendidik yang tentunya akan menumbuhkan kedisiplinan
bagi para mahasiswa dalam mengerjakan tugas, serta terdapat fitur penilaian
tugas. Selain itu, google classroom menyediakan fitur forum diskusi sehingga
dosen bisa membuka sebuah diskusi kelas yang bisa ditanggapi dan dikomentari
seperti aktivitas berkomentar di facebook (Kusuma dan Astuti, 2019). Tentunya,
mahasiswa dalam hal ini dipastikan dapat meningkatkan kemampuan
pembelajaran dalam bidang teknologi dan
informasi melalui penggunaan google classroom.
METODE
PENELITIAN
Pada
penelitian kali ini menggunakan data kualitatif, jenis penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menemukan metode yang tepat,
yang mana hasilnya dapat diimplemtasikan pada proses pembelajaran secara luas
(Arifin, 2011; Sugiyono, 2011). Pada metode pembelajaran ini memanfaatkam media
google classroom yang dapat digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran
via online. Yang menjadi subjek penelitiannya adalah mahasiswa. Pada penelitian
kali mengadopsi beberapa tahapan, yakni tahap studi pendahuluan dengan cara
mencari sumber yang menjelaskan penggunakan google classroom, kemudian tahap
kegiatan penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam mengaplikasikan media yang
digunakan pada proses pembelajaran online, dan terakhir tahap evaluasi yang
diukur dari pencapaian yang diperoleh mahasiswa setelah menggunakan media
google classroom dalam pembelajaran.
PEMBAHASAN
1.
Penggunaan Google Classroom
Tahap pertama yang dilakukan ialah dengan memperkenalkan aplikasi
google clasroom kepada mahasiswa terkait dengan tata cara pengoperasiannya.
Kemudian, dilakukam tahapan implementasi dengan mengunakan media google
classroom ini dalam proses pembelajaran dan dilakukan pemeriksaan terkait
kendala yang dihadapi selama proses perkuliahan online berlangsung. Dan
terakhir ialah tahapan evaluasi, tahapan ini dilakukan pada mahasiswa dengan
mempelajari tingkat kesulitan dan keuntungan yang diperoleh selama proses
pembelajaran menggunakan google classroom berlangsung. Beberapa manfaat yang
diperoleh dalam proses pembelajaran dengan menggunakan google classroom, yaitu:
a.
Proses perkuliahan terlihat relatif lebih mudah, karena dosen dapat membuat
ruang kelas dan engundang mahasiswa untuk bergabung. Di ruang kelas tersebut
mahasiswa dapat berbagi informasi tugas, pertanyaan, dan materi.
b.
Dirasa efektif dan efisien, karena dosen dapat membuat kelas, memberikan
tugas, danberkomunikasi melalui media google classroom.
c.
Terdapat pengeloalaan yang baik, dimana mahasiswa dapat melihat tugas di
ruang kelas, atau di kalender kelas. Semua materi tersebut dapat disimpan oleh
mahasiswa dalam folder Google Drive.
d.
Dosen dapat melihat dengan cepat mahasiswa yang telah dan belum
menyelesaikan tugas, serta dapat langsung memberikan nilai dan masukan kepada
mahasiswa bersangkutan.
e.
Dalam penggunaannya bersifat aman dan terjangkau. Hal-hal yang perlu
dipersiapkan jika menggunakan google
2.
Peningkatan Produktivitas Pembelajaran Melalui Google
Classroom
Penggunaan media pembelajaran melalui google classroom
disaat pandemi seperti ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas
pembelajaran bagi mahasiswa. Dengan penggunaan media ini juga menyebabkan
meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam bidang teknologi dan informasi. Peningkatan
kualitas pendidikan berguna untuk mengatasi proses pembelajaran yang dibatasi
oleh ketersediaan ruang kelas (Blundo, 2011). Maka dari itu, pembuatan dan
pemberian tugas dapat dilakukan melalui google classroom yang nantinya
ditampilkan dalam ruang kelas. Mahasiswa dapat diundang ke sebuah ruang kelas dalam
google classroom melalui link ruang
kelas atau melalui sebuah kode pribadi yang dapat ditambahkan diantara
mahasiswa dan dosen. Melalui google classroom, tentunya mahasiswa dapat
berdiskusi dengan pesera didik selama proses pembelajaran online berlangsung.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis mengamati
beberapa aspek yang terjadi selama berlangsungnya proses pembelajaran secara
online melalui google classroom, diantaranya ialah aspek komunikasi dan
kedisiplinan mahasiswa dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan
dosen. Dimulai memalui tahap pendahuluan, dimana mahasiswa dilibatkan untuk
mengenali apa saja fitur yang tersedia di google classroom. Pada tahapan ini,
mahasiswa dinilai berpartisipasi aktif dalam mencari dan meyediakan sumber
informasi yang diminta dosen, hal itu dapat berupa berupa artikel, jurnal, tutorial,
dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penggunaan google classroom. Penggunaan
metode ini dapat berjalan dengan lancar meskipun terdapat kendala teknik.
Kendala yang dialami berupa kemampuan kecepatan jaringan internet yang
berkurang dalam mengakses google classroom. Meskipun demikian, secara
keseluruhan semua mahasiswa dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh
aplikasi google classroom dengan baik.
Tahapan selanjutnya, yaitu tahap implementasi. Dalam
tahapan ini dosen membuat sebuah ruang kelas didalam google classroom dan
mahasiswa menambahkan akun untuk terlibat dalam proses pembelajaran tersebut.
Pada tahap ini dosen memberikan materi pembelajaran dalam bentuk power point,
video, dan document yang berisi soal kepada mahasiswa. Dalam proses ini,
mahasiswa aktif melakukan diskusi terkait dengan materi pembelajaran yang
disajikan dalam forum diskusi yang ada didalam ruang kelas. Beberapa mahasiswa
memberikan pertanyaan terkait materi yang dibahas dan ada juga mahasiswa yang
memberikan komentar atau tanggapan dari pertanyaan tersebut.
Pada tahapan terakhir yaitu tahap evaluasi, dosen menyerahkan tugas kepada
mahasiswa untuk dikumpulkan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
Dari hasil pengamatan pada tahap ini, penulis melihat adanya sikap kedisiplinan
mahasiswa untuk mengumpulkan tugas sesuai dengan batas waktu yang telah
ditentukan. Tentunya hal ini sejalan dengan tujuan dari penelitian ini untuk
meningkatkan produktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran online ditengah
pandemi Covid-19 berlangsung.
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Google classroom
menjadi salah satu media platform yang dapat diganakan dalam proses
pembelajaran secara online. Pada pengimplementasian google classroom ini
melibatkan dosen dan mahasiswa secara aktif dalam proses pembelajarannya. Selain
itu, google classroom dapat mempermudah proses pembelajaran dimanapun mahasiswa
berada, tidak terbatas pada ruang kelas dan buku yang ada. Dari pernyataan
tersebut maka dapat dipahami bahwasanya google classroom berperan dalam
meningkatkan produktivitas pembelajaran ditengah pandemi Covid-19.
2.
Saran
Perlu dilakukan
penelitian yang lebih mendalam lagi terkait peningkatan produktivitas
penggunaan google classroom pada mahasiswa dengan menggunakan metode data
kualitatif.
DAFTAR PUSTAKA
Anderson, J. a. (2005). Ten Pedagogic Principals of E-learning, Observatory for New
Technologies and Education. Springboath to knowledge.
Arifin,
Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran - Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT
Remaja
Rosdakarya
Kusuma, A., dan
Astuti, W. (2019). Analisis Penerapan
Media Pembelajaran Bahasa Arab
Berbasis
Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah, 67-89
Moore, D.-D. G.
(2011). e-Learning, online learning, and
distance learning environments:
Are they the same?. Internet and Higher Education 14,
129-135.
Sugiyono.
(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sukmawati. (2020). Implementasi
Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran
Online di Era Industri
4.0. Jurnal Kreatif Online, Vol. 8 No. 1.
Swita Amallia Hapsari, dan Heri Pamungkas. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai
Media Pembelajaran
Online di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Wacana,
Volume 18 No. 2.
Belum ada Komentar untuk "PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA"
Posting Komentar