PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA

 

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA

Noor Ilma Fadhila
noorilma.fadhila@gmail.com
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang - Jawa Timur


ABSTRAK

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak pertengahan Maret lalu menjadikan proses pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka diharuskan untuk diubah melalui pembelajaran jarak jauh. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi para penggiat aplikasi pembelajaran online, salah satunya pada aplikasi google classroom. Google classroom sendiri merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat diakses dengan gratis melalui smarthphone atau laptop. Penelitian ini menggunakan data kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini memberikan model pembelajaran pendidikan yang berbasis internet atau online untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif yang didalamnya memuat kempampuan untuk tanggung jawab, jujur, dan disiplin. Dengan penelitian ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan pemanfaatan penggunaan google classroom sebagai proses peningkatan produktivitas mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Melalui penggunaan Google Classroom dalam proses pembelajaran online dianggap efektif dan efesien karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Google Classroom, Mahasiswa

PENDAHULUAN

            Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi global oleh WHO (World Health Organization) pada 11 Maret 2020, menjadikan segala aktifitas yang bersifat mengumpulkan banyak orang dilarang. Keputusan tersebut tentunya diambil tidak sembarangan, mengingat wabah Covid-19 yang semakin menyebar secara luas maka penyebarannya harus segera diberhentikan dengan cara membatasi segala aktifitas yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Hal tersebut tentunya mengharuskan setiap orang harus beradaptasi dengan sebuah kondisi baru, yang dimana segala aktifitas serba dilakukan dari jarak jauh atau lebih tepatnya secara online.

Pandemi Covid-19 tentunya sangat berpengaruh kepada segala aktifitas kehidupan sehari-hari. Salah satunya pada sistem pendidikan, segala tingkatan terkena dampaknya, baik dari tingkatan dasar sampai pada perguruan tinggi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi salah satu perguruan tinggi yang terdampak Covid-19, maka dari itu universitas satu ini memutuskan untuk merumahkan segala aktifitas mahasiswa, dosen, dan staf yang ada dikampus sejak ditetapkanya Covid-19 sebagai pandemi. Penanganannya yaitu dengan dilakukan pembelajaran melalui online. Banyak platform dan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah google classroom. Bagi sebagian orang google classroom dianggap sebagai salah satu media belajar yang baru. Hasil  penelitian  (Sabran  &  Sabara,  2014:122) menyebutkan  bahwa  menggunakan  media  baru merupakan  pemanfaatan  yang  adaptif  karena mampu  mengirimkan  serangkaian  solusi  dalam metode  belajar  mengajar.

            Penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran memberi kesempatan dan peluang bagi pendidik untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya peserta didik terutama kompetensi professional (Anderson, 2005 dan Moore, 2011). Penggunaaan google classroom sendiri dalam pembelajaran diharapkan juga mampu mengoptimalkan perananan pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan. Aplikasi google classroom sendiri di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi salah satu aplikasi pendamping selain platform E-learning kampus yang digunakan dalam proses pembelajaran.  Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran yang disediakan oleh google yang penggunaannya dihubungkan melalui email, sehingga dalam proses penggunannya sangat mudah untuk diakses.

Google classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas secara online. Diharapkan dengan media pembelajaran ini dapat mengaktifkan mahasiswa pada proses pembelajaran, hal ini disebabkan media google classroom ini memiliki fitur untuk dapat menampilkan teks, gambar, dan video pada saat proses pembelajaran berlangsung. Media ini juga dapat menampung dan mengatur waktu pengumpulan tugas oleh pendidik yang tentunya akan menumbuhkan kedisiplinan bagi para mahasiswa dalam mengerjakan tugas, serta terdapat fitur penilaian tugas. Selain itu, google classroom menyediakan fitur forum diskusi sehingga dosen bisa membuka sebuah diskusi kelas yang bisa ditanggapi dan dikomentari seperti aktivitas berkomentar di facebook (Kusuma dan Astuti, 2019). Tentunya, mahasiswa dalam hal ini dipastikan dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran  dalam bidang teknologi dan informasi melalui penggunaan google classroom.

METODE PENELITIAN

            Pada penelitian kali ini menggunakan data kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menemukan metode yang tepat, yang mana hasilnya dapat diimplemtasikan pada proses pembelajaran secara luas (Arifin, 2011; Sugiyono, 2011). Pada metode pembelajaran ini memanfaatkam media google classroom yang dapat digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran via online. Yang menjadi subjek penelitiannya adalah mahasiswa. Pada penelitian kali mengadopsi beberapa tahapan, yakni tahap studi pendahuluan dengan cara mencari sumber yang menjelaskan penggunakan google classroom, kemudian tahap kegiatan penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam mengaplikasikan media yang digunakan pada proses pembelajaran online, dan terakhir tahap evaluasi yang diukur dari pencapaian yang diperoleh mahasiswa setelah menggunakan media google classroom dalam pembelajaran.

PEMBAHASAN

1.      Penggunaan Google Classroom

Tahap pertama yang dilakukan ialah dengan memperkenalkan aplikasi google clasroom kepada mahasiswa terkait dengan tata cara pengoperasiannya. Kemudian, dilakukam tahapan implementasi dengan mengunakan media google classroom ini dalam proses pembelajaran dan dilakukan pemeriksaan terkait kendala yang dihadapi selama proses perkuliahan online berlangsung. Dan terakhir ialah tahapan evaluasi, tahapan ini dilakukan pada mahasiswa dengan mempelajari tingkat kesulitan dan keuntungan yang diperoleh selama proses pembelajaran menggunakan google classroom berlangsung. Beberapa manfaat yang diperoleh dalam proses pembelajaran dengan menggunakan google classroom, yaitu:

a.       Proses perkuliahan terlihat relatif lebih mudah, karena dosen dapat membuat ruang kelas dan engundang mahasiswa untuk bergabung. Di ruang kelas tersebut mahasiswa dapat berbagi informasi tugas, pertanyaan, dan materi.

b.      Dirasa efektif dan efisien, karena dosen dapat membuat kelas, memberikan tugas, danberkomunikasi melalui media google classroom.

c.       Terdapat pengeloalaan yang baik, dimana mahasiswa dapat melihat tugas di ruang kelas, atau di kalender kelas. Semua materi tersebut dapat disimpan oleh mahasiswa dalam folder Google Drive.

d.      Dosen dapat melihat dengan cepat mahasiswa yang telah dan belum menyelesaikan tugas, serta dapat langsung memberikan nilai dan masukan kepada mahasiswa bersangkutan.

e.       Dalam penggunaannya bersifat aman dan terjangkau. Hal-hal yang perlu dipersiapkan jika menggunakan google

2.      Peningkatan Produktivitas Pembelajaran Melalui Google Classroom

Penggunaan media pembelajaran melalui google classroom disaat pandemi seperti ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas pembelajaran bagi mahasiswa. Dengan penggunaan media ini juga menyebabkan meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam bidang teknologi dan informasi. Peningkatan kualitas pendidikan berguna untuk mengatasi proses pembelajaran yang dibatasi oleh ketersediaan ruang kelas (Blundo, 2011). Maka dari itu, pembuatan dan pemberian tugas dapat dilakukan melalui google classroom yang nantinya ditampilkan dalam ruang kelas. Mahasiswa dapat diundang ke sebuah ruang kelas dalam google classroom  melalui link ruang kelas atau melalui sebuah kode pribadi yang dapat ditambahkan diantara mahasiswa dan dosen. Melalui google classroom, tentunya mahasiswa dapat berdiskusi dengan pesera didik selama proses pembelajaran online berlangsung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis mengamati beberapa aspek yang terjadi selama berlangsungnya proses pembelajaran secara online melalui google classroom, diantaranya ialah aspek komunikasi dan kedisiplinan mahasiswa dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan dosen. Dimulai memalui tahap pendahuluan, dimana mahasiswa dilibatkan untuk mengenali apa saja fitur yang tersedia di google classroom. Pada tahapan ini, mahasiswa dinilai berpartisipasi aktif dalam mencari dan meyediakan sumber informasi yang diminta dosen, hal itu dapat berupa berupa artikel, jurnal, tutorial, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penggunaan google classroom. Penggunaan metode ini dapat berjalan dengan lancar meskipun terdapat kendala teknik. Kendala yang dialami berupa kemampuan kecepatan jaringan internet yang berkurang dalam mengakses google classroom. Meskipun demikian, secara keseluruhan semua mahasiswa dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi google classroom dengan baik.

Tahapan selanjutnya, yaitu tahap implementasi. Dalam tahapan ini dosen membuat sebuah ruang kelas didalam google classroom dan mahasiswa menambahkan akun untuk terlibat dalam proses pembelajaran tersebut. Pada tahap ini dosen memberikan materi pembelajaran dalam bentuk power point, video, dan document yang berisi soal kepada mahasiswa. Dalam proses ini, mahasiswa aktif melakukan diskusi terkait dengan materi pembelajaran yang disajikan dalam forum diskusi yang ada didalam ruang kelas. Beberapa mahasiswa memberikan pertanyaan terkait materi yang dibahas dan ada juga mahasiswa yang memberikan komentar atau tanggapan dari pertanyaan tersebut.

Pada tahapan terakhir yaitu tahap evaluasi, dosen menyerahkan tugas kepada mahasiswa untuk dikumpulkan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Dari hasil pengamatan pada tahap ini, penulis melihat adanya sikap kedisiplinan mahasiswa untuk mengumpulkan tugas sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Tentunya hal ini sejalan dengan tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan produktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran online ditengah pandemi Covid-19 berlangsung.


PENUTUP

1.      Kesimpulan

Google classroom menjadi salah satu media platform yang dapat diganakan dalam proses pembelajaran secara online. Pada pengimplementasian google classroom ini melibatkan dosen dan mahasiswa secara aktif dalam proses pembelajarannya. Selain itu, google classroom dapat mempermudah proses pembelajaran dimanapun mahasiswa berada, tidak terbatas pada ruang kelas dan buku yang ada. Dari pernyataan tersebut maka dapat dipahami bahwasanya google classroom berperan dalam meningkatkan produktivitas pembelajaran ditengah pandemi Covid-19.

2.      Saran

Perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam lagi terkait peningkatan produktivitas penggunaan google classroom pada mahasiswa dengan menggunakan metode data kualitatif.

 


 

DAFTAR PUSTAKA

Anderson, J. a. (2005). Ten Pedagogic Principals of E-learning, Observatory for New

Technologies and Education. Springboath to knowledge.

 

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran - Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Kusuma, A., dan Astuti, W. (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab

Berbasis Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah, 67-89

 

Moore, D.-D. G. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments:

Are they the same?. Internet and Higher Education 14, 129-135.

 

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran

Online di Era Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, Vol. 8 No. 1.

Swita Amallia Hapsari, dan Heri Pamungkas. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai

Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Wacana, Volume 18 No. 2.

Belum ada Komentar untuk "PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel