PEMBELAJARAN DARING MELALUI ZOOM DITENGAH PANDEMI COVID-19
Devi Pramita Ihsan
Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,
Jl. Gajayana No.50, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 (0341) 551354
ABSTRAK
Covid-19 memberikan perubahan yang besar terhadap kehidupan, dan akhirnya terdapat keputusan bahwa pembelajaranpun dilakukan secara daring ditengah. Pendidikan jarak jauh atau daring ini bertujuan agar mutu pendidikan meningkatkan dan relevansi pendidikan serta meningkatkan pemerataan akses dan perluasan pendidikan. Dan tentunya juga menghindari hal yang tidak diinginkan yakni terinfeksi covid-19 yang dirasakan dari Maret lalu. Maka dari itu dengan kecanggihan teknologi yang ada kemudian memberikan bantuan bagaimana melakukan pembelajaran tak hanya sekedar berkomunikasi melalui suara dan teks di media sosial ataupun di aplikasi yang hanya bisa menampilkan teks, gambar materi, video materi. lalu terdapatlah zoom sebagai media yang tidak hanya sekedar mengshare teks, gambar, dokumen, tapi juga kita bisa berkomunikasi langsung dan bisa digunakan untuk orang banyak. Namun dengan hadirnya zoom sendiri tentunya terdapat kendala yang dialami saat penggunaannya. Hal tersebut diharapkan nantinya dapat dievaluasi agar pembelajaran daring dapat diupayakan diterima dengan baik dan kemajuan metode pelaksanaan pembelajaran daring yang nantinya terus menjadi lebih baik lagi dan lagi.
Kata Kunci: Daring, Zoom, COVID-19
PEMBAHASAN
Covid-19 sendiri di Indonesia dalam penyebarannya dimulai dari Maret lalu, dimuai dengan kejadian korban terinfeksi pertama yakni dari Depok dan merambah ke daerah-daerah Indonesia yang lain. Tidak ada yang tahu jika akan terjadi pandemi sebesar ini di seluruh dunia, dan bahkan sampai saat ini kita merasakan dampak dari adanya pandemi Covid-19 ini. Tak hanya bidang kesehatan saja yang terdampak, bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang politik dan seluruh lapisan masyarakat di dunia merasakan dampaknya.
Sehubungan dengan adanya pandemi ini maka Badan Nasional Penanggulangan Bnecana (BPNP) mengeluarkan surat keputusan nomor 13 A mengenai penetapan masa darurat akibat adanya pandemic Covid-19 ini. berdasarkan penetapan itu, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan sebuah Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kbudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 mengenai Pembelajaran secara Daring dan Bkerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Dengan adanya ketetapan tersebut maka mau tidak mau seluruh lapisan masyarakat harus mengikuti ketetapan yang sudah diumumkan tersebut. Semua lapisan masyarakat merasakan bagaimana hidup dengan kondisi baru dan kegelisahan akan takutnya tertular covid-19 ini dan kegelisahan untuk mendapatkan uang bagaimana jika hanya dari rumah. Dan dengan ketetapan tersebut seluruh lembaga pendidikan di Indonesia akhirnya memulangkan mahasiswanya, memulangkan santri pondok mereka, menutup sekolah dan memulai belajar dengan teknologi yang ada.
Program Belajar Jarak Jauh (PBJJ) merupakan alternative yang digunakan saat ini meskipun pembelajaran tidak tatap muka setidaknya merupakan sebuah usaha untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar dan sarana komunikasi bagi pendidik dan peserta didik. Lalu apa saja dampak dari adanya daring ini? Berikut dampak adanya daring atau PBJJ di tengah pandemi Covid-19:
1. Dampak Positif:
a. Dengan daring kita dapat melakukan proses belajar mengajar meskipun melalui media lain yang tidak secara langsung. Namun dengan adanya daring kita juga tidak perlu bertemu atau tatap muka secara langsung untuk mengikuti pembelajaran, cukup dengan membuka Whatsapp, E-Learning, Google Classroom, Zoom, Google Drive dan berbagai aplikasi lainnya sebagai sarana yang membantu saat daring
b. Pelaksanaan daring sangat fleksibel, karena selain untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar kita bisa melakukan kegiatan rumah lainnya seperti menyapu, mencuci piring dll
c. Dengan adanya daring, menekan angka penyebaran atau klaster covid-19
d. Dengan daring, kita akhirnya bisa mengeksplore kelebihan diri, kita bisa belajar banyak hal seperti contoh dulunya tidak mengetahui apa itu aplikasi Zoom? Bagaimana menggunakannya? Apa manfaatnya? Maka mau tak mau kita akan belajar teknologi yang tersedia untuk melaksanakan sesuatu yang termasuk hal baru bagi kita, dan tentunya membuat kita jauh lebih dekat dengan keluarga.
2. Dampak Negatif
a. Semua pendidik dan peserta didik merasakan kurang maksimalnya pembelajaran daring ini, karena keterbatasan waktu dan kendala lainnya yang mengakibtakan kurangnya maksimal penyaluran ilmu dan pemahaman
b. Akibat daring, dapat mengakibatkan salah persepsi dalam memahami materi yang diberikan
c. Mata menjadi cepat lelah, stress dan kurangnya tidur karena tugas yang selalu menumpuk
d. Tidak semua wilayah daerah peserta didik dan pendidik memiliki sinyal yang kuat, alat elektronik (handphone, laptop), dan kerusakan alat elektronik yang mengakibatkan proses belajar mengajar akan terganggu.
Daring sendiri juga dilakukan dengan media atau sarana pembantu lainnya, seperti Whatsapp, Google Classroom, E-Learning, Zoom, Google meet, Youtube, Google Drive dan
lainnya. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga handphone dan sistem ruang. Aplikasi ini berkantor pusat di San Jose, Caliofrnia, Amerika Serikat yang didirikan sejak 2011 lalu. Lalu apa saja fitur yang ada dalam aplikasi ini? Berikut fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi Zoom ini:
1. Video dan audio HD
Dengan menggunakan aplikasi Zoom ini, kita bisa melakukan meeting dengan gambar dan audio yang jelas, karena aplikasi ini sudah disokong dengan kualitas high definition atau sering disebut dengan sebutan HD. Zoom ini juga bisa digunakan oleh 1000 peserta dan 49 video dilayar.
2. Alat kolaborasi bawaan
Dengan aplikasi Zoom ini kita dapat berbagi layar secara bersamaan dan ikut menulis catatan untuk pertemuan.
3. Rekaman dan transkip
Para pengguna Zoom dapat merekam rapat yang sedang terjadi.
4. Fitur penjadwalan
Zoom memiliki fitur penjadwalan untuk memulai rapat. Anda juga dapat memulai rapat melalui akun Outlook,Gmail, atau iCal anda
5. Obrolan tim
Mengobrol dengan grup atau tim anda dapat dilakukan dengan mudah. Dan riwayat percakapan anda juga dapat dengan mudha dicari , berbagi file terintegrasi, dan arsip bdapat disimpan selama sepuluh tahun.
Untuk mendapatkan aplikasi Zoom ini dapat di download melalui aplikasi Playstore dan Appstore di handphone anda. Tentunya kehadiran Zoom ini dapat memberikan bantuan untuk pendidik dan peserta didik ditengah pandemic seperti ini. meskipun dengan banyak manfaat dari Zoom ini, terdapat kendala yang memang sama halnya dengan kendala daring atau kekurangan daring. Entah karena kerusakan alat elektronik pendidik dan peserta didik, entah karena ketidak memiliki alat elektronik tersebut, dan yang paling sering adalah kendala sinyal. Semua sistem dan teknologi memang di ciptakan untuk membantu manusia mempermudah melakukan sesuatu,
namun tak akan bisa di jauhkan dari adanya kekurangan atau kendala yang terjadi. Saat ini, penyebaran Covid-19 masih menunjukkan kenaikan dibeberapa daerah sehingga praktisi pendidikan dan stakeholder perlu berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat terus bertahan dan menjadi lebih baik lagi.
Dengan demikian perlunya kesadaran diri peserta didik apabila kurangnya memahami sebuah materi bisa dengan belajar melalui media bantuan lainnya seperti contoh, buku, jurnal, youtube, ruang guru, sharing antar teman dan pendidik. Dan hal ini tentunya dapat dijadikan evalusi agar pembelajaran daring menggunakan media teknologi khsususnya yang kita bahs kali ini yakni adalah Zoom dapat diupayakan diterima dengan baik oleh peserta didik tanpa mengurangi esensi pendidikan itu sendiri. Semua upaya sedang dilakukan oleh seluruh pihak, entah pemerintah, sekolah, pendidik, orangtua, peserta didik dalam menjalani kehidupan di masa pandemic sepeerti ini. bahkan pihak pemerintah dan lembaga pendidikan memberikan bantuan paket data, beasiswa, potongan SPP dan UKT dan memberikan pembolehan untuk mengangsur pembayaran administrasi lembaga pendidikan. Semoga kedepannya pedidikan Indonesia semakin baik dan maju meskipun sedang dihadapkan dengan kondisi pandemic seperti ini.
DAFTAR PUSTAKA
Kemendikbud.2020.”Mendikbud Terbitkan SE tentang Pleaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se- tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam masa-darurat-covid-19. Kamis 5 November 2020 pukul 18.12
Tito.id. “Mengenal Aplikasi Meeting Zoom: Fitur dan Cara Menggunakannya”. https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-cara- menggunakannya-eGF7. Kamis 5 November 2020 pukul 20.34
Belum ada Komentar untuk "PEMBELAJARAN DARING MELALUI ZOOM DITENGAH PANDEMI COVID-19"
Posting Komentar