“PEMANFAATAN DAN IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19”



 Oleh: Arinda Kusuma Wardani

NIM: 19170071

Mahasiswi Manajemen Pendidikan Islam

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang


Malang- Virus covid-19 sudah sangat umum di kalangan masyarakat baik di Indonesia maupun luar negeri, virus ini sudah menjadi penyakit global. Adanya virus ini pun mempengaruhi banyak aspek di kehidupan, tak terkecuali aspek pendidikan. Karena adanya pembatasan berskala besar, yakni memberlakukan peringatan dan pelarangan untuk keluar, bekerja maupun bersekolah, maka seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring. Nah untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara daring ini, dibutuhkan sarana yang efektif untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Aplikasi Google Classroom menjadi salah satu pilihan aplikasi yang tepat sebagai  sarana untuk pembelajaran jarak jauh. Dulu nama Google Classroom tak banyak dikenal orang sebab masih jarang dibutuhkan. Berbeda dengan sekarang, masa pandemi menjadikan masyarakat lebih membutuhkan aplikasi yang menyediakan pelayanan daring, dan aplikasi Google Classroom adalah salah satu alternatif. Aplikasi ini dapat membantu produktivitas pelajar serta pengajar dalam berkomunikasi. Dengan aplikasi ini pengajar dapat dengan mudah membuat kelas, memberikan tugas, menerima tugas, memberi nilai, mengirim masukan, melihat keaktifan pelajar, dan masih banyak fitur-fitur bermanfaaat lainnya. Lebih tepatnya pengertian Google Classroom adalah suatu aplikasi cabang dari Google yang berfokus pada pelayanan education untuk mempermudah pembelajaran lebih produktif, kolaboratif, dan efisien.

Pengajar maupun siswa dapat dengan mudah mengakses Classroom dengan login dari computer atau perangkat seluler apa pun. Classroom juga aplikasi yang tidak berbayar (gratis), cara menggunakannya dimulai dengan membuat akun terlebih dahulu. Ada tiga opsi akun yang diberikan, yaitu akun sekolah, akun google pribadi, atau akun google suite (perusahaan).  

Beberapa fungsi dan keunggulan dari aplikasi Google Classroom dalam pengimplementasiannya sebagai Learning Management System (LMS), yaitu: 

1. Proses setting pembuatan kelas yang praktis dan cepat

Proses pembuatan kelas pada aplikasi Google Classroom sangat cepat dan praktis jika dibandingkan harus menginstall LMS local. 

2. Menghemat efisiensi waktu

Pelajar tidak harus mendownload tugas yang diberikan guru. Begitu pun guru dapat membuat dan mendistribusikan dokumen untk peserta didik secara online. Dengan demikian, ada peluang untuk penghematan waktu dari kedua belah pihak baik peserta didik maupun guru. 

3. Mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi

Kolaborasi yang efisien. Guru dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik untuk memulai diskusi online atau pembelajaran daring.

4. Penyimpanan data yang terpusat 

Semua pembelajaran berada dalam satu lokasi yang terpusat yakni , Google Classroom. Baik guru ataupun peserta didik tidak perlu khawatir mengenai dokumen akan hilang karena semua data tersimpan dalam LMS ini.


Setelah membaca mengenai Google Classroom di atas, membuat aplikasi dari Google ini menjadi pilihan yang tepat bagi sekolah, universitas, atau lembaga pendidikan lainnya untuk proses pembelajaran agar tetap terlaksanakan dimasa pandemic ini. Guru dan peserta didik juga dapat belajar dan mengajar melaui perangkat seuler android atau IOS mereka. Pembagian materi pembelajaran menjadi lebih ringkas, pekerjaan peserta didik dan juga guru juga menjadi lebih transparan. 


Belum ada Komentar untuk "“PEMANFAATAN DAN IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel