Pandemi Covid-19 Mendorong Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Menunjang Keberhasilan Proses Pembelajaran

 Zella Novia

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144

Abstrak

Sejak awal virus Covid-19 masuk dan menyebar ke Indonesia, pemerintah memberhentikan segala kegiatan yang berhubungan dengan perkumpulan banyak orang. Kegiatan tersebut antara lain pekerjaan, jual beli bahkan proses belajar mengajar harus dilakukan dengan sistem jarak jauh. Hal tersebut membuat masyarakat mengharuskan berinovasi agar tetap bisa melakukan kegiatan walaupun dengan tidak bertatap muka. Pemerintah menganjurkan bahwa setiap kegiatan haruslah dilakukan secara online, untuk mengantisipasi penyebaran virus agar tidak terlalu menyebar. Dampak yang sangat besar dirasakan adalah pada bidang pendidikan. Dalam hal ini pendidik dan peserta didik diharuskan dapat menguasai teknologi informasi dengan baik dan tepat. Hal ini memang sangatlah sulit dilakukan bagi mereka yang berlatar belakang kurang menguasai teknologi, namun hal ini akan mendorong semangat untuk belajar menguasai teknologi. Segala kegiatan belajar mengajar saat ini dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring), maka tantangan ini haruslah menjadi batu loncatan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk lebih menguasai teknologi informasi. Karena penguasaan teknologi akan menunjang keusksesan poses belajar mengajar.

Kata kunci: Covid-19, sistem jarak jauh, berinovasi, teknologi informasi, batu loncatan. 

I. Pendahuluan 

Saat ini dunia mengalami pandemic global yaitu Covid-19 yang berasal dari kota Wuhan China. Kemudian pandemic ini juga berdampak sekali di Indonesia, yang tiap harinya angka positif tertular virus Covid-19 ini hari demi hari masih mengalami peningkatan baik yang positif maupun yang meninggal. Namun jumlah pasien Covid-19 yang sembuh angkanya juga semakin naik. 

Di era pandemic ini mengakibatkan kegiatan masyarakat terganggu baik dari pedagang, pegawai kantoran, guru maupun pelajar haruskan bekerja dan belajar dari rumah, atau biasa yang disebut Work From Home (WFH). Oleh karena itu masyarakat pelajar harus bisa mengandalkan teknologi informasi untuk belajar maupun bekerja jarak jauh. Penggunaan teknologi itu sendiri sangat menunjang atau berguna di masa pandemic ini untuk keberhasilan dalam proses pembelajaran jarak jauh karena mempermudah peserta didik dalam memahami materi maupun presentasi melalui video conference yang sangat membantu dalam pembelajaran di masa pandemic Covid-19 saat ini. 

Pemanfaatan teknologi saat ini membuat pelajar maupun mahasiswa harus berinovasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran atau yang lainnya. Oleh karena itu saat ini muncul banyak inovasi-inovasi yang dibuat oleh masyarakat atau mahasiswa dalam bekerja maupun kegiatan kampus. Seperti contoh kegiatan mahasiswa dari organisasi-organisasi kampus dimasa pandemic Covid-19 ini tetap mengadakan seminar-seminar dan kegiatan lainnya melalui dunia digital atau online yang membuat penonton yang hadir seminar bisa mengikuti hanya berbekal smartphone mereka. Itu adalah contoh dari masa pandemic ini mendorong mahasiswa atau peserta didik agar lebih inovasi dan membuat pembelajaran perkuliahan tetap jalan dan berhasil dalam pembelajaran dosen dengan mahasiswanya. 

II. Pandemi Covid-19 Mendorong Inovasi 

Inovasi secara umum membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya yaitu mempermudah urusan dan pekerjaan manusia. Inovasi adalah suatu contoh dimana suatu kreatifitas daya cipta dan inisiatif kuat dapat menghasilkan sesuatau yang secara materi jauh lebih baik dari pada penemuan-penemuan sebelumnya. 

Di masa pandemic COVID-19 saat ini masyarakat mau tidak mau suka tidak suka harus berinovasi dalam kelangsungan kehidupannya dimasa pandemic ini. Inovasi dimasa pandemic ini akan mendorong manusia agar lebih baik dari keadaan sebelumnya saat pandemic ini baru mucul dan membuat aktifitas masyarakat yang sangat terganggu. Salah satunya juga yang mengalami dampak yaitu dunia pendidikan yang harus ber inovasi dalam kelangsungan proses belajar mengajar. 

Di Universitas Gajah Mada UGM salah satu kena dampak pandemic ini harus berinovasi dalam kelangsungan perkuliahannya tersebut dan kampus-kampus lainnya yang terkena dampak pandemic ini di indonesian. Dalam realita di kehidupan kampusnya tersebut sudah banyak inovasi guna kelangsungan pembelajaran dan lainnya dalam masa pandemic ini. Salah satunya ialah pembelajaran daring dan yang fenomenal yaitu wisuda online secara virtual. Wisuda online tersebut diadakan secara virtual dimana wisudawan bisa diwisuda dari rumah yang hanya mengandalkan laptop untuk prosesi wisuda. Contoh seperti itu membuktikan bahwa dimasa pandemic Covid-19 ini memang mendorong masyarakat untuk berinovasi dalam kehidupan sehari-hari salah satunya juga di lingkungan pendidikan termasuk lingkungan kampus. 

III. Pandemi Covid-19 Mendorong Pemanfaatan Teknologi Informasi 

Teknologi informasi merupakan bagian penting yang dapat membantu proses pendidikan jarak jauh atau biasa disebut daring. Teknologi informasi dan komunikasi juga menjadi media transfer informasi dan interaksi pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu pengajar untuk tetap melakukan controlling pembelajaran dan evaluasi pembelajaran mahasiswa melalui via online atau daring. 

Peran teknologi dimasa pandemi Covid-19 saat ini sangat berperan bagi aktifitas pembelajaran khususnya mahasiswa dan pelajar. Dimana salah satu aktifitas pembelajaran di kampus yaitu pemberian materi dosen kepada mahasiswa melalui media digital atau online yaitu penyampaian materi tersebut melalui media video conference. Dengan cara tersebut adalah salah satu pemanfaatan teknologi dimasa pandemic guna mensukseskan pembelajaran secara online atau daring. 

Pada seminar yang diadakan di kampus politeknik pelayaran (poltekpel) barombong yang diadakan secara virtual atau online yang di isi oleh kepala badan pengembangan sumber daya manusia (BSDM) dalam seminar mengatakan bahwa suka atau tidak suka dampak dari pandemic Covid-19 mengubah cara untuk bekerja dan dalam melakukan aktivitas lainnya seperti kegiatan belajar mengajar. Dimana dampak pandemic Covid-19 memaksa perkembangan teknologi sehari-hari 10-15 tahun lebih cepat. Karena dimasa saat ini seiring berkembangnya teknologi dengan sambungan internet kita bisa berinteraksi dengan leluasa tanpa adanya hambatan. 

Pada realitanya, memang teknologi informasi saat ini dibutuhkan semua kalangan masyarakat untuk melanjutkan dan mempermudah aktivitas kehidupannya. Dimana pemberkasan untuk ujian kuliah, pemberkasan pendaftaran kuliah, dan tugas kuliah sekarang pada realitanya semua via online oleh karena itu pandermic Covid-19 sekarang ini benar-benar mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi informasi. 

III. Kesimpulan 

Dalam masa pandemic Covid-19 ini masyarakat sangat ditekan oleh keadaan yang mau tidak mau harus berinovasi dalam aktivitas kehidupannya. Kegiatan masyarakat kini haruslah dapat dilakukan dengan sistem online, agar dapat menunjang pada era globalisasi saat ini. Dan dalam dunia pendidikan, proses belajar mengajar 

haruslah tetap terlaksana dengan baik agar tidak ada ketertinggalan tiap peserta didik. Hal tersebut dilakukan dengan cara pembelajaran sistem online. Maka dari itu penggunaan teknologi informasi yang tepat adalah sebuah usaha yang dapat dilakukan untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar saat ini bahkan untuk masa depan. Karena dapat diketahui pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi adalah sebuah penunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Kesuksesan proses belajar mengajar saat ini sangat dipengaruhi oleh penggunaan teknologi informasi yang tepat. Oleh karena itu pandemic Covid-19 benar-benar mendorong masyarakat dalam segala kalangan untuk memanfaatkan teknologi guna mensukseskan mereka dalam bekerja maupun belajar mengajar dalam pembelajara. 

IV. Referensi 

Menara 62. Pandemi Covid-19 mendorong percepatan pemanfaatan teknologi dalam aktifitas belajar mengajar. Di akses pada 19 Oktober 2020 Pukul 22:00 

T5Gupta, R. Impact of ICT in Distance education and techer. International Journal research 2017. 163-171


Belum ada Komentar untuk "Pandemi Covid-19 Mendorong Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Menunjang Keberhasilan Proses Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel