MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN ICT DALAM PELAKSANAAN DARING DI MASA PENDEMI
Sahrul Ady Santoso
(19170049)
ABSTRAK
Di saat seperti sekarang ini model pembelajaran berbasis digital telah dimaksimalkan secara masif hampir diseluruh Indonesia. Meskipun juga model ini terbilang belum secara menyeluruh menjangkau lapisan sosial bawah yang ada di masyarakat. Karena pada dasarnya model pembelajaran ini juga mempunyai syarat yang harus di penuhi yakni akses terhadap informasi digital. Untuk itu jika ditinjau dari akses terhadap teknologi digital, tidak semua mahasiswa mempunyai akses yang sama. Dalam artikel ini akan membahas tentang pemaksimalan penggunaan ICT dalam pelaksanan daring di masa pandemi.
PENDAHULUAN
Dimasa pandemi Covid – 19 telah terjadi banyak perubahan bagi kehidupan umat manusia di berbagai aspek. Jadi apa itu Covid 19 ? Covid 19 atau CoronaVirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19. Covid – 19 ini merupakan penyakit menular yang pertama kali muncul Wuhan Tingkok pada bulan Desember 2019 dan pada saat ini sudah hampir seluruh negara yang ada di dunia ini terjangkit / tertular penyakit Covid 19.
Ditengah masa pandemi Covid – 19 ini muncul sebuah aturan terutama di Indonesia yang dimana masyarakat Indonesia di haruskan untuk menjaga jarak antara satu dengan yang lain minimal satu setengah meter sehingga masyarakat Indonesia dipaksa untuk stay at home / dirumah saja dan melakukan seluruh aktivitas dari rumah seperti berkerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah.
Pandemi Covid-19 yang melanda indonesia dan seluruh dunia ini telah berdapak besar terhadap aktifitas belajar-mengajar. Sejak bulan Maret kemarin aktifitas pembelajaran daring (online learning) menjadi sebuah pilihan kementrian pendidikan dan kebudayaan untuk mencegah siklus penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah. Praktik pendidikan daring ini dilakukan oleh berbagai tingkatan jenjang pendidikan sejak tingkat SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.
Pada pelaksanaan pembelajaran daring masih banyak tenaga pendidik maupun para siswa yang masih gagap dalam menghadapi perubahan drastis ini. Sementara itu inilah cara satu-satunya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Oleh karena itu kita harus beradaptasi dengan kondisi saat ini. Dengan memanfaatkan ICT kita dapat memperoleh pengalaman belajar daring lebih baik, maka dari itu kita harus memaksimalkan penggunaan ICT dalam menghadapi pendemi ini.
Pengertian ICT
TIK/ICT (Information and Communication of Technology) atau dalam bahasa Indonesia, yaitu Teknologi Infоrmаѕі dаn Kоmunіkаѕі (TIK) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Tеknоlоgі іnfоrmаѕі mеlірutі ѕеgаlа hal уаng bеrkаіtаn dеngаn proses, penggunaan sebagai аlаt bantu, manipulasi, dаn реngеlоlааn іnfоrmаѕі. Sedangkan tеknоlоgі komunikasi adalah ѕеgаlа ѕеѕuаtu уаng bеrkаіtаn dengan реnggunааn alat bantu untuk mеmрrоѕеѕ dаn mеntrаnѕfеr data dаrі perangkat yang ѕаtu kе lainnya. Olеh kаrеnа іtu, tеknоlоgі іnfоrmаѕі dan tеknоlоgі kоmunіkаѕі аdаlаh duа buаh kоnѕер уаng tidak tеrріѕаhkаn. Jаdі, Tеknоlоgі Informasi dan Tеknоlоgі Komunikasi itu mеngаndung аrtі yang luаѕ уаіtu, segala kegiatan уаng tеrkаіt dеngаn mаnірulаѕі, pengelolaan, pemindahan informasi antar mеdіа.
Peran ICT
ICT dalam pembelajaran dapat menjadi dua peran, yaitu:
1. sebagai media presentasi pembelajaran, misal berbentuk slide power point dan animasi dengan program flash
2. sebagai media pembelajaran mandiri atau E-Learning, misal peserta didik diberikan tugas untuk membaca atau mencari sumber dari internet, mengirimkan jawaban tugas,bahkan mencoba dan melakukan materi pembelajaran. Melalui E-Learning, belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini mendorong peserta didik untuk melakukan analisis dan sintesis pengetahuan, menggali, mengolah dan memanfaatkan informasi, menghasilkan tulisan, informasi dan pengetahuan sendiri. Peserta didik dirangsang untuk melakukan eksplorasi ilmu pengetahuan. Fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk belajar melalui E-Learning diantaranya : E-Book, E-Library, interaksi dengan pakar, email, mailling List, News Group, dan lain-lain.
Manfaat ICT
Sedangkan manfaat penggunaan ICT dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran adalah:
1. Meningkatkan kualitas pembelajaran
2. Memperluas akses terhadap pendidikan dan pembelajaran
3. Membantu memvisualisasikan ide-ide abstrak
4. Mempermudah pemahaman materi yang sedang dipelajari
5. Menampilkan materi pembelajaran menjadi lebih menarik
6. Memungkinkan terjadinya interaksi antara pembelajaran dengan materi yang sedang dipelajari. Jika memperhatikan manfaat dari penggunaan ICT ini, tentunya penggunaan ICT dalam pembelajaran maupun lingkungan sekolah tidak dapat dihindari. Sekolah harus senantiasa berupaya untuk memenuhi kebutuhan terhadap fasilitas ICT ini.
Memaksimalkan ICT
Dalam menghadapi pandemi ini kita harus bisa berinovasi dalam menjalankan kegiatan proses belajar mengajar, seperti penggunaan e-learning, classroom, dan zoom. Untuk menggunakan layanan tersebut tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita melaksanakan belajar daring. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan:
1. Perangkat Keras
Pertama kali harus kita persiapkan adalah perangkat keras yang layak dan dapat digunakan untuk mengakse layanan tersebut. Sebuah perangkat seperti smartphone, laptop dan komputer yang dapat kita gunakan untuk menunjang kegiatan belajar daring harus kita persiapkan dengan baik, karena jika perangkat tersebut tidak mendukung maka akan menghambat kita dalam mengakses layanan tesebut.
2. Kualitas Jaringan
Kualitas jaringan juga perlu diperhatikan, memang untuk kualitas jaringan ini tegantung kondisi geologis daerah masing-masing. Hal ini masih menjadi masalah bagi sebagian teman-teman kita yang dinggal di pelosok perdesan, pegunungan, dan di pulau yang jauh dari pusat kota. Jaringan sangat mempengaruhi kelancaran dalam melaksanakan belajar daring di masa pandemi karena kita sangat tergantung dengan internet untuk menghubungkan kita dengan teman-teman yang lain dan guru ita saat belajar lewat aplikasi seperti zoom dan google meet. Untuk kedepannya masalah ini semoga dapat diatasi oleh pemerintah dengan meratakan internet di pelosok-pelosok desa yang jarang tersentuh pembangunan.
3. Media pembelajaran
Dengan adanya aturan untuk beraktivitas dari rumah seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah dan seluruh kegiatan dilakukan dari rumah, kegiatan-kegiatan inilah yang membutuhkan peran teknologi untuk melakukan kegitan-kegitan tersebut. Peran teknologi pada masa Covid-19 ini sangatlah besar, contohnya saja seperti belajar dari rumah, pembelajaran ini dilakukan melalui daring atau dalam jaringan dengan memanfaatkan sebuah aplikasi atau web yang biasa disebut dengan e-learning. E-learning ini sebagai payung dari segala jenis pembelajaran. Ada beberapa defenisi e-learning sebagai berikut : “E-learning adalah Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran”(Michael, 2013:27). “E-learning adalah Suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip didalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi” (Chandrawati, 2010). “E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa/i “(Ardiansyah)
Dari beberapa defenisi yang telah di paparkan diatas dapat disimpulkan bahwa e-learning merupakan suatu proses pembelajaran jarak jauh yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan media jaringan komputer. Selain menggunakan e-learning sebagai sarana pembelajaran dosen, guru siswa/i dan mahasiswa/i menggunakan sarana media WhatshApp, Telegram dan video conference seperti Zoom, CloudX dan lain -lain.
Belum ada Komentar untuk "MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN ICT DALAM PELAKSANAAN DARING DI MASA PENDEMI"
Posting Komentar