Inovasi dan Kecepatan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemic Covid 19

 Pradine Laorent Edwar 19170031

Abstrak

Teknologi sangatlah penting bagi seluruh manusia yang ada di bumi tidak terkecuali mahasiawa dan siswa yang melakukan pembelajaran dengan mengunakan teknologi , apa lagi sekarang ini sedang terjadinya wabah yang melanda di semua dunia, yang menjadikan banyaknya halangan dalam pembelajaran bagi siswa, tidak diberbolehkannya berkumpul dalam satu tempat. maka Dari itu sangat mengahalangi pembelajaran secara langsung , maka dari itu inovasi dibutuhkan untuk memudahkan dalam pembelajaran . pembelajaranpun tidak hanya pembelajaran seperi biasa akan tetapi dilakukan dengan secara online memakai tekonolgi yang sudah dan juga mengembangkan secara tidak langsung aplikasi aplikasi yang awalnya hanya dipakai secara sederhana akan tetapi sekarang ketika wabah covid 19 maka teknologi secara langsung memperbaharui aplikasi yang digunakan.

Mengenal pendidikan jarak jauh pada dasarnya pendidikan jarak jauh merupakan metode dimana peserta didik dengan pengajar berda di lokasi yang berbeda, sehingga diperlukan system telekomunikasi yang interaktif untuk dapat terhubung satu sama lain. Pada pembelajran jarak jauh, peran teknologi dalam pendidikan sangat dibutuhkan, meningat pembelajaran dilakukan secara daring atau online

Di Indonesia sendiri, PJJ telah ada sejak lama dan telah dilakukan oleh beberapa kampus, universitas terbuka merupakan salah satu pelopor pendidikan jarak jauh di Indonesia. Saat terjadi pandemic covid 19, maka kementrian pendidikan dan kebudayaan berikn kebijakkan untuk melaksanakan metode PJJ

Kata kunci ( inovasi, teknologi, covid 19)

Pendahuluan 

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini yaitu rendahnya kualitas pendidikan baik yang sudah berjalan ataupun hasil dari pembelajaran tersebut dan juga adanya wabah yang menyerang menjadikan timbulnya masalah baru. Bagaimana siswa menyesuaikan diri dengan pembelajaran dan bagaimana seorang siswa memahami materi pembelajarn yang disampaikan oleh seorang guru dan juga bagaiaman seorang guru beriniovasi dalam pembelajaran yang disampaikan. Pembelajaran tatap muka dan tidak tatapmuka sangat berbeda maka dari itu guru ataupun lembaga pendidikan harus berinovasi agar pembelajaran dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, kesulitan ini yang mengakibatkan mau tidak mau semua lembaga pendidikan secara langsung berinovasi dengan pembelajaran secara virtual.


Pembahsan 

 Sekarang ini di Indonesia sedang terdampak wabah virus corona dan sampai saat ini belum adanya kabar baik bahwa virus ini memiliki  obat yang bisa meengobati covid 19 . Banyak dampak yang ditimbulkan dari virus corona ini yang sangat parah bagi Indonesia ataupun negara-negara lainnya. Dampak yang paling berpengaruh adalah dalam bidang ekonomi yang sangat merugikan dari kalangan bawah maupun kalangan atas , keuangan Indonesia yang juga menurun mengakibatkan kalangan kecil kesusahan dalam mengembalikan atau memulihkan keuangan keluarga dengan bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang dmampu untuk memenuhi keluarga mereka ,  

Banyak sekali dampak yang diberikan dari wabah yang sangat mengemparkan dunia ini . selain ekonomi ada juga  bidang yang juga terdampak besar yaitu dalam bidang pendidikan . mengapa seperti itu dikarenakan ketika Indonesia terkena dampak covid 19 di wilayah Indonesia maka seketika sekolah atupun lembaga pendidikan akan memperhentikan pembelajaran. Yang diberikna oleh pihak lembaga pendidikan akan tetap sampai sekarang semua lembaga pendidikan baik dari SD, SD, SMA dan perkuliahan melakukan daring yang biasa dipahami seperti pembelajatan di rumah.

Sebagai mahasiswa ataupun siswa harus bisa menyesuaikam degan keadaan yang awalnya pembelajaran secara langsung akan tetapi sekarang dengan media social. Kesulitan dari lembaga juga bagaimana agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar seperti biasanya tanpa ada ganguan walupun akhirnya tidak bertatapan langsung. Dengan ini semua lembaga pendidikan langsung dengan sigap dan langsung menyesuaikan diri bagaiman pembelajaran secara virtual tanpa berhadap-hadapanan. Yang awal-awalnya sudah dirancang sedemikian rupa  dan pada akhirnya harus merubah lagi dikarenakan pandemic ini maka harus secara cepat perombakan kembali.

Dengan begitu bagaimana guru dan dosen dengan sigap berpikir bagaimana dan teknologi apa yag sesuai degan pembelajaran yang diajarkan dan tidak memberatkan siswa , pemikiran seperti itu pasti terpikirakn oleh guru ataupun dosen. Dan melalui banyak rintangan dan pengevaluasian akhirnya guru  dan dosen menjadikan teknologi sepetti zoom, wa, telegram,   e-learning dll  untuk dijadikan sarana pembelajaran. Bagaimana guru berinovasi agar pembelajaran tidak terlalu membosankan bagi siswanya .

Menurut penulis, guru sangat  berperan penting dalam berinovasi dan sangat memanfatkan teknologi yang sudah canggih ini, digunakan untuk kepentingan kependidikan . Dikarenakan bagaimana cara guru untuk memberikan materi pembelajaran dengan baik jika tidak dengan teknologi . Maka dari itu lembaga pendidikan sangat berkontribusi dalam proses belajar pengajar, ketika adanya kendala maka guru akan memberikan pilihan untuk memberikan keringan bagi siswa tersebut dan juga sekarang serta siswa diberikan kuota gratis dari lembaga pendidikan  dan ini juga sangat bermangaat bagi para murid murid.

Dengan adanya inovasi yang diberikan guru menjadikan siswa mudah dalam pembelajaran dan juga membuat pembelajaran menjadi menarik bagi siswa, yang mana siswa tidak diperbolehkannya keluar saat PSBB pada saat itu, maka guru memiliki peran yang penting untuk ini. Inovasi yang dibuat oleh guru sangat membantu sampai saat ini, semoga pembelajaran ini dapat segera berakhir dan ada jalan keluarnya agar dapat berjalan dengan biasanya , tanpa harus bertatap secara virtual tapi dengan bertatapan langsung, dan alangkah lebih baiknya teknologi yang sudah di pakai digunakan untuk  pembelajaran yang akan datang. 

Saat ini pada masa pandemic seperti ini sangat dibutuhkan Inovasi dalam berbagai sector kehidupan baik dalam bidang pendidikan dan juga bidang ekonomi dan lainnya. Pembelajaran yang digunakan pada saat ini sangat baru walaupun itu efektif pada saat ini akan tetapi sangat asing dilaksanakan bagi kita saat ini  yang tak penah mengalami situasi seperti ini, tidak diperbolehkannya keluar ketempat umum dengan keinginannnya seperti berlibur, pergi ketaman dll.

Ketika seperti Ini selain peran dari guru orang tua juga berperan besar dalam pembelajaran siswa di rumah, karena pembelajaran dirumah harus mendapat dukungan dari orang orang yang berada dalam lingkungan rumah tersebut. Tanpa peran orang tua dukungan orang tua siapa lagi yang memotivasi siswa dalam pembelajaran pada saat dirumah yang mengantikan perang seorang guru dalam pembelajaran.

Nah setelah saya menjelaskan peran orang tua dan perang guru dalam inovasi dan motivasi pendidikan . saat terjadi perubahan  metode pembelajaran, maka siswa dan guru harus beradaptasi dengan baik serta mamapu mengatasi beberapa hal yang  berbeda dari sebelumnya. Di masa pembelajaran jaraj jauh ini siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi. Manfaat teknologi dalam pendidikan yaitu dapat menciptakan suasana belajar tetap afektif, meskipun tidak dapat bertemu secara langsung.karena tekonolgi bukan hanya memberikan manfaat untuk siswa tetapi juga bagi guru untuk memberi materi pembelajaran. Selain tetap efektif, proses pembebelajaran juga akan lebih menarik. Di mana teknologi atau media pembelajaran bisa membangkitkan keingintahuan siswa serta merangsang mereka untuk terus berinteraksi dan berkreasi dengan penjelasan guru.

Peran teknologi informasi juga membeikan penyebaran media televise maupun internet, membuat siswa dan guru dapat mendapatkan atau menyebarkan informasi pendidikan dengan mudah. Pasalnya ada banyak informasi mengenai dunia pendidikan Indonesia, keadaan pendidikan sekama covid 19 dan lainnya. Sehingga siswa dan guru tetap update dalam mendapatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan

Teknologi memang memberikan konstribusi yang sangat besar kepada peserta didik dan guru dalam  kegiatan belajar, khususnya di masa pembelajaran jaraj jauh selama covid 19ini. Melalui teknologi guru dapat melihat hasil pencapaian pembelajaran siswa. Itulah bebrapa pembahasan.

Mudah mudahan dengan system inovasi yang dibuat lembaga pendidikan dapat mempermudah dalam pembelajaran siswa dan mahasiswa, agar tidak menjadi beban tersendiri bagi siswa dan mahasiawa dan tidak menjadikan ketraumaan dalam pembelajaran dan semoga kondisi seperti ini pandemic wabah covid 19 akan segera lenyap dari lingkungan kehidupan manusia setelah semua komunikasi manusia mentaati serta disiplin mengikuti seluruh ketentuan pemerintah dalam masa pencegahaan pandemic wabah covid 19. Dan semoga apa yang sudah menjadi aplikasi yang diterapkan dapat dilanjutkan pada zaman yang akan datang dan dapat memberikan pengaruh yang penting untuk pendidikan


KESIMPULAN

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini yaitu rendahnya kualitas pendidikan baik yang sudah berjalan ataupun hasil dari pembelajaran tersebut dan juga adanya wabah yang menyerang menjadikan timbulnya masalah baru. Bagaimana siswa menyesuaikan diri dengan pembelajaran dan bagaimana seorang siswa memahami materi pembelajarn yang disampaikan oleh seorang guru dan juga bagaiaman seorang guru beriniovasi dalam pembelajaran yang disampaikan. Dengan begitu bagaimana guru dan dosen dengan sigap berpikir bagaimana dan teknologi apa yag sesuai degan pembelajaran yang diajarkan dan tidak memberatkan siswa , pemikiran seperti itu pasti terpikirakn oleh guru ataupun dosen


Belum ada Komentar untuk "Inovasi dan Kecepatan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemic Covid 19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel