Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning

 Afila Duwi Agusten

19170013

ABSTRAK

Dampak positif dan negatif dari pembelajaran daring sudah tidak asing lagi dirasakan oleh peserta didik dan tenaga pendidik, mereka dituntut agar melakukan kegiatan belajar megajar secara online dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada. Dampak positif dan negatif dari pembelajaran daring membuat peserta dan tenaga pendidik sulit berinteraksi antara satu  sama lain karena mereka tidak bisa langsung melakukan pembelajaran secara tatap muka. Bagi peserta didik mereka merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru atau dosen mereka. Sedangkan bagi tenaga pendidik mereka dituntut agar bisa menguasai teknologi secara maksimal. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online dan menggunakan jaringan internet yang membutuhkan akses yang baik agar bisa maksimal dalam mengikuti pembelajaran daring. Pembelajaran daring harus dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini perkembangannya sangat pesat. Pembelajaran online dilakukan dengan cara tidak bertatap muka melainkan menggunakan media-media pembelajaran yang sudah tersedia, seperti zoom, google classroom, google meet, grub whatsApp dan E-learning.

Kata kunci : dampak positif dan negatif, pembelajaran daring

Pendahuluan

Positif dan negatif adanya pandemi Covid-19 tidak jarang dirasakan oleh semua kalangan. Mereka ada yang memilih menetap dirumah, ada yang tetap melakukan aktivitas seperti biasanya dengan syarat tetap mengikuti protokol kesehatan, dan ada juga yang acuh tak acuh terhadap informasi yang beredar mengenai berita Covid-19.  Tidak ada yang perlu disalahkan dalam keadaan seperti saat ini, sebab mereka memilih menetap atau keluar rumah dengan alasan yang beragam aktivitas yang mungkin tidak bisa ditinggalkan. 

Sejalan dengan perkembangan zaman yang diikuti oleh perkembangan teknologi saat ini, kita dituntut agar bisa menguasai teknologi dan harus bisa menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi sangat berpengaruh  dalam  segala bidang sehingga menciptakan perubahan yang begitu signifikan dalam kehidupan kita.  

Dunia pendidikan juga merasakan dampak dari adanya pandemi covid-19. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) mengeluarkan kebijakan baru yaitu melakukan pembelajaran dari jarak jauh atau dari rumah tanpa datang keselekolah atau kampus masing-masing. Akan tetapi, banyak pelajar dan mahasiswa diluar sana yang mengeluh terhadap adanya kebijakan ini. Karena pembelajaran online pertama kali mereka lakukan dan menurut mereka saat melakukan pembelajaran online sangat sulit untuk memahaami materi yang disampaikan oleh guru atau dosen mereka. 

Pembahasan 

Dalam keadaan seperti saat ini, semua pelajar dan mahasiswa dituntut agar bisa memaksimalkan penggunaan teknologi sebagai alat bantu mereka melakukan pembelajaran online, mereka harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang saat ini sangat maju dan berkembang dan harus mengaplikasikan kedalam metode pembelajaran online. Adapun media yang biasa digunakan dalam pembelajaran online yaitu seperti zoom, google meet, google classroom, grub WhatsApp, E-learning dan media pembelajaran lainnya. Dari beberapa media tersebut tentunya ada dampak postif dan negatif bagi penggunanya, sebagai contoh yaitu penggunaan E-learning dalam pembelajaran online.

E-Learning merupakan proses pembelajaran yang digunakan sebagai sarana dan prasarana dalam pembelajaran online tanpa melakukan tatap muka antara peserta dididk dan pendidik. E-learning kemudian dikembangkan menjadi berbasis web, kemudian dikembangkan lagi ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. E-learning juga memiliki karakteristik seperti, menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri dan kemudian tersimpan didalam komputer sehingga bisa diakases oleh pendidik dan peserta didik, memanfaatkan jasa kemajuan teknologi, memanfaatkan keunggulan komputer. 

Adapun dampak positif dari pembelajaran online menggukana media E-learning bagi peserta didik dan tenaga pendidik yaitu sebagai berikut :

1. Meningkatkan partisipasi keatifan peserta didik.

2. Meningkatkan kemampuan belajar mandiri peserta didik.

3. Materi lebih muda diserap dan dipahami karena pada E-learning sudah tersedia icon-icon materi yang sudah disiapkan oleh pendidik dan E-learning juga memiliki fasilitas multimedia yang bisa berupa suara atau video.

4. Lebih ringkas, maksudnya tidak berbelit-belit akan tetapi langsung ke pokok bahasan materi pelajaran sesuai kebutuhan.

5. E-learning bisa diakses selama 24 jam, maksudnya materi-materi yang ada di E-learning bisa dibuka dan dipelajari kembali. 

6. E-learning lebih menghemat waktu dan biaya

Selain dampak positif dari pembelajaran online menggunakan media E-learning dampak negatifnya tentunya juga ada. Adapun dampak negatifnya sebagai berikut :

1. Kesulitan memahami sistem yang ada di E-learning.

2. Adanya batasan waktu yang disetting oleh pendidik dalam pengumpulan tugas dan absensi di E-learning.

3. Adanya tuntutan dari pendidik agar menggunakan E-learning secara maksimal.

4. Berubahnya peran seorang pendidik yang awalnya dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran yang konvesional, dimasa pandemi ini tenaga pendidik dituntut untuk memahami dan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan ICT.

5. Bagi peserta didik yang rumahnya berada diwilayah tidak strategis maka akan kesulitan dalam mengakses E-learning karena membutuhkan internet yang stabil.

6. Kurangnya penguasaan terhadap bahasa computer, mengakibatkan kita kesulitan dalam menggunakan E-learning secara maksimal.

7. Peserta didik bisa frustasi jika tidak bisa mengakses E-learning dengan maksimal, karena itu bisa berpengaruh terhadap nilai mereka nantinya. 

Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia terutama dalam lingkungan pendidikan, maka kita harus mengikuti dan menjalankan kebijakan pemerintah yaitu melakukan proses belajar mengajar dari rumah masing-masing. Disisi lain pembelajaran online (daring) yang dilakukan dari rumah termasuk ide yang sangat bagus, kegiatan belajar anak bisa langsung dikontrol dan didampingi oleh orang tua masing-masing. Sehingga orang tua tahu perkembangan akademik anak mereka seperti apa.


Kesimpulan

Dari uraian diatas bisa kita simpulkan bahwa dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 kita harus menjalankan kebijakan pemerintah yang berlaku, terutama dalam lingkungan pendidikan kita harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara online (daring). Pembelajaran daring sudah sangat efektif untuk dilakukan dikeadaan seperti saat ini. Adapun dampak positif dan negatif dari pembelajaran daring menggunakan E-learning kita harus bisa menyikapinya dengan bijak, meskipun kita kadang merasa frustasi dan lelah karena kurang menguasai bahasa komputer dan sistem yang digunakan dalam media E-learning. 


Belum ada Komentar untuk "Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel