SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL-22 OKTOBER 2020

Hari santri nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober . Hari santri Nasional diperingati untuk mengenang jasa para santri terdahulu yang ikut memperjuangkan kemerdekaan indonesia. Hal itu menjadi salah satu dasat pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Ide penetapan Hari Santri Nasonal ini bermula saat pak Jokowi mengadakan kunjungan di pesantren Babussalam Malang, jawa timur pada 27 Juni 2014. Saat itu pak Jokowi berjanji akan menetapkan Hari Santri Nasional ketika ia berhasil menjadi presiden Indonesia. Janji tersebut tidak hilang dari pengaruh apresiasi yang mendesak ditetapkannya Hari Santri Nasional sebagi bentuk mengenang jasa kaum santri merebut kemerdekaan.

Penetapan Hari Santri Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Selain janji dari presiden jokowi untuk menetapkan Hari Santri Nasional, hal ini juga merujuk pada p3ristiwa bersejarah. Yakni ketika KH. Hasyim Asy’ari memberikan seruan. Seuan ini berisikan pemerintah kepada umat Islam untuk berperang (berjihad) melawan tentara sekutu  yang ingin menjajah wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan 1945. Sekutu yang dimaksud adalah inggris sebagai pemenang peranv dunia II untuk mengambil tanah jajahan jepang.

Tema Hari Santri Nasional tahub 2020 adalah “ Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan yang diambil berdasarkan fakta yang terjadi di dunia saat ini, yakni Pandemi Covid 19. Pandemi Covid 19 ini telah ditetapkan sebagai Bencana Nasional oleh Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 2020 tentang Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus DisaEase 2019.

Dalam pers  Kementrian Agama (Kemenag) menyampaikan bahwa banyak pesantren yang telah berhasil melakukan pencegahan, pengendalian dan penanganan dampak Covid 19.

Pada dasarnya santri itu dibiasakan dalam sikap disiplin dan patuh, maka disinilah kunci bagaimana pesantren dapat menangani dampak Covid 19 dengan baik. Selamat berjuang, dari santri unruk negeri.  selamat Hari Santri Nasional 2020


 

Belum ada Komentar untuk "SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL-22 OKTOBER 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel